top of page

Pembelajaran Daring

Tim_PNG.jpg

Pembelajaran daring selama COVID-19

2020 telah menjadi tahun penuh dengan ketidakpastian dan perubahan. Pendidik harus menyesuaikan diri dan menjadi kreatif untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan siswanya. Dengan pembelajaran daring, anak-anak mungkin tidak memiliki kesempatan biasa untuk berinteraksi, bersosialisasi dan terlibat dengan orang lain dan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Menjaga mereka tetap memiliki motivasi untuk belajar dari rumah selama periode waktu ini dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Rumah umumnya dikaitkan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, bermain, tidur, makan, menonton televisi atau bersantai. Anak-anak tiba-tiba diminta untuk memikirkan rumah sebagai tempat mereka mengikuti pendidikan formal juga. Lompatan psikologis ini mungkin sulit dilakukan. Dalam situasi dimana kami merasa tidak memiliki banyak kontrol atas kejadian yang tidak menentu disekitar kita, memberikan rasa adanya otonomi atas pembelajaran kita sendiri menjadi sangat kuat. Untuk hal ini, tim akademik NZSJ telah merancang program pembelajaran daring yang disesuaikan dan mudah dilakukan oleh anak-anak.

Guru Kami

Guru kami terdiri dari tim yang sangat berpengalaman dan memiliki dua karakteristik tambahan yang telah memposisikan mereka dengan baik untuk menangani pengajaran daring. 

 

Pertama, mereka fasih dalam teknologi (beberapa telah menjalani pelatihan tambahan baru-baru ini) dan tahu cara menggunakan teknologi agar pembelajaran tetap menyenangkan dan menarik. Kami mengelola ruang kelas daring kami menggunakan berbagai aplikasi daring yang intuitif dan mudah digunakan berbasis usia. Untuk pembelajaran, kami menggunakan campuran bahan dan sumber otentik serta aplikasi akademis yang mapan seperti Khan Academy, Read Theory dan RAZZ Kids. 

Kedua, guru kami menghargai pembelajaran yang disesuaikan di atas segalanya. Ini berarti bahwa, sementara sekolah lain mungkin dengan kaku berpegang pada kurikulum mereka dan mengejar target akademis atau mencoba menerjemahkan pendekatan berbasis permainan fisik ke dalam program daring, guru kami berfokus pada kebutuhan masing-masing siswa.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang luar biasa dari sekolah selama setahun terakhir ini, dan khususnya selama semester 4 (AY 2019/2020) yang sangat berbeda ini dengan pembelajaran online yang menarik dan obrolan video yang luar biasa setiap hari!” - Karen Pesjak, Orang Tua Taman Kanak-Kanak (2020)

Program Kami

Program kami, yang didasarkan pada Kurikulum Selandia Baru yang berpusat pada anak-anak dan, menekankan perbedaan dan penyesuaian, dan dalam hal ini, memberikan kesempatan kepada guru kami untuk mengajar kelas dalam kelompok sambil memastikan bahwa setiap anak- baik yang menonjol maupun yang tertinggal- diberi tantangan dan dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil. 

 

Dengan pendekatan inkuiri dan proyek, program kami juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, yang bekerja sangat efektif selama pembelajaran daring. Siswa akan memiliki rasa kendali dan otonomi atas pembelajaran mereka sendiri, yang dalam masa ketidakpastian bagi anak-anak kita ini, menjadi sangat kuat.

Komunitas Kami

Terakhir, meskipun kami belum bisa bertemu langsung dan minum kopi di ruang tunggu bersama anda setelah mengantar anak-anak di pagi hari, kami akan terus membina hubungan bersama komunitas kami melalui seminar pendidikan daring dan kopi pagi virtual untuk orang tua. 

 

“Webinar ini benar-benar berwawasan. Pembicaraannya membuatku merasa bahwa NZSJ adalah tempat yang tepat untuk anak-anakku” - Orang Tua Kelas 2 (2020)

 

Meskipun benar bahwa sekolah harus tetap ditutup dimana berarti kami belum dapat menikmati fasilitas kami seperti lapangan serbaguna dan kolam renang, kami menyediakan perpustakaan kami untuk anak-anak meminjam buku dan guru kami sering meninggalkan materi, sumber-sumber belajar dan buku di lobi untuk diambil anak-anak.

 

Di NZSJ, kami percaya bahwa pembelajaran terjadi di mana saja dan tidak hanya di kelas. Dengan terpaksa mengajar daring telah memberikan kesempatan kepada guru-guru kami untuk menjadi lebih kreatif dan siswa kami menjadi lebih mampu daripada sebelumnya. Kami benar-benar percaya pepatah bahwa, dari setiap situasi yang menantang, ada peluang untuk tumbuh - dan pembelajaran daring karena pandemi telah menunjukkan hal itu kepada kami.

 

“Anak saya senang dan semangat mengikuti kelas online” - Luwi Arifin, Orang Tua Kelas 3 (2020)

bottom of page